Rabu, 21 Oktober 2009

Desa Siaga di Bogor Siap 2010

Desa Siaga Siap 2010

Bogor.
Dari 428 desa di Kabupaten Bogor, sudah ada 292 desa siaga yang terbentuk dengan perincian sebanyak 206 desa siaga dengan strata pratama, 56 desa strata madya, dan 30 desa strata utama.
“Dan saat ini, kami sedang melatih 11 kecamatan yang terbagi menjadi dua kelompok. Pada 11 hingga 13 Agustus 2009 ini terdiri dari Megamendung, Dramaga, Caringin, Babakan Madang, dan Gunung Putri. Sedangkan pada 18 sampai 21 Agustus mendatang dari kecamatan Sukamakmur, Bojonggede, Sukajaya, Tenjo, Tenjolaya, dan Tajur Halang,” paparnya.
Dilanjutkan dia, desa siaga terbentuk melalui delapan indikator yang harus dipenuhi, diantaranya forum masyarakat desa, sarana pelayanan kesehatan dasar, upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dikembangkan, memiliki sistem surveilans penyakit dan faktor resiko berbasis masyarakat, sistem kesiapsiagaan dan penanggulangan kegawatdaruratan, mewujudkan lingkungan sehat, menciptakan PHBS, dan mewujudkan keluarga sadar gizi.
“Keberhasilan program desa siaga dapat dilihat dengan menurunnya jumlah penduduk yang sakit, jumlah kematian bayi dan balita, serta menurunnya jumlah balita gizi buruk,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar